25 Lampion Raksasa Akan Semarakkan HUT Kota Yogyakarta

Tugu Yogyakarta pada malam hari. [wisata-yogyakarta.com]

Yogyakarta, Semarak.news – Dalam rangka merayakan hari jadi ke-260 yang jatuh pada tanggal 7 Oktober 2016, untuk pertama kali Pemkot Yogyakarta akan memasang 25 lampion dengan berbagai bentuk di sepanjang Jembatan Kleringan sisi utara Malioboro.

Lampion yang bertema permainan anak-anak tersebut akan menghiasi Kota Yogya hingga akhir Oktober.

Uniknya seluruh lampion yang dihadirkan berukuran besar yakni rata-rata berdiameter 2 meter, sehingga saat dinyalakan akan menarik perhatian bagi pengunjung.

Seperti dikutip antarayogya.com, Rabu (5/10), Kepala Bagian Humas dan Informasi Pemerintah Kota Yogyakarta, Tri Hastono menuturkan bahwa selain menambah kemeriahan dan daya tarik di kawasan Jembatan Kleringan dan Kota Yogyakarta, berbagai bentuk lampion yang dipasang juga memiliki filosofi masing-masing.

25 lampion yang dipasang antara lain berbentuk pesawat, kapal, kurungan, pensil, buku, dan canting.

Lampion pesawat dan kapal merupakan bentuk edukasi kepada anak-anak agar mengembangkan imajinasi tentang antariksa dan kelautan, serta mencapai cita-cita setinggi-tingginya.

Pensil dan buku melambangkan Yogyakarta sebagai kota pelajar, canting sebagai lambang batik yang menjadi salah satu budaya, serta kurungan memiliki makna sebagai wadah sebuah masyarakat.

Untuk menghibur para wisatawan, Pemkot Yogyakarta juga akan menggelar pawai budaya besar-besaran dengan mengangkat tema “Wayang Jogja Night Carnival”, Jumat (7/10) esok.

Kurang lebih 1200 peserta yang berasal dari 14 kecamatan akan turun ke jalan untuk melakukan pertunjukkan seni.

Karnaval tersebut merupakan acara puncak pada perayaan hari ulang tahun Kota Yogyakarta.

TINGGALKAN BALASAN