Tidak Ada Perayaan Besar dalam HUT TNI ke-71

HUT TNI tahun 2015 di Cilegon. [Foto: faktaberita.com]

Jakarta, Semarak.news – Perayaan HUT TNI ke-71 tahun 2016 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada perayaan tahun lalu, masih teringat bahwa TNI melaksanakan parade militer besar-besaran di Cilegon, Banten.

Tahun lalu, parade dimaksudkan untuk menunjukkan kekuatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) baru yang dimiliki TNI. Namun saat di tahun 2016 ini, TNI tidak memiliki alutsista baru sehingga tidak ada yang perlu ditunjukkan.

Dilansir dari liputan6.com, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Taman Ismail Mazuki (2/10) mengatakan bahwa tidak ada upacara besar-besaran pada HUT TNI ke-71 5 Oktober 2016.

Selain tidak ada alutsista baru, alasan lain tidak mengadaan parade militer adalah saat ini kondisi negara sedang dalam tahap pembangunan, sehingga diperlukan dana yang cukup besar.

Sebagai pengganti, TNI mengadakan pergelaran seni wayang Satha Kurawa di Taman Ismail Marzuki yang dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi negara, termasuk Wakil Presiden Jusuf Kalla dan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Rencananya, TNI akan kembali melakukan parade militer pada tahun 2017.

Selamat HUT TNI ke-71. (SAM)

TINGGALKAN BALASAN