Diduga Sakit, Seorang Pendaki Tewas di Gunung Semeru

Ilustrasi - Gunung Semeru [Semarak.news/Osisober]

Lumajang, Semarak.news – Seorang pendaki asal Jakarta dilaporkan meninggal dunia saat mendaki Gunung Semeru, Senin (3/10) kemarin. Pendaki tersebut diketahui bernama Candra Hasan (35), warga Kampung Pengarengan RT 004/ RW 012 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Berdasarkan data yang diperoleh kontributor Semarak dari berbagai sumber, rombongan korban yang berjumlah 4 orang mendaki ke gunung tertinggi di Pulau Jawa itu melalui Resort Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Kemudian saat melintasi Landengan Dowo yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Ranu Pani, korban memutuskan berhenti dan istirahat.

Mendadak saat itu korban terjatuh dan pingsan. Melihat kondisi itu, rekan-rekan korban segera mencari pertolongan ke pos terdekat. Saat dicek oleh tim evakuasi, nafas korban masih ada. Namun dalam perjalanan menuju Ranu Pani, korban diketahui telah meninggal dunia. Jenazah korban kemudian dibawa ke RSUD Dr. Haryoto Lumajang untuk keperluan visum.

Menurut pernyataan rekan korban, Arie Maulana menjelaskan bahwa saat berangkat dari Jakarta hingga sampai di Ranu Pani korban tidak mengalami tanda-tanda sakit sama sekali. “Saya tak menyangka Candra harus meninggal saat mendaki Semeru, padahal sebelumnya dia sehat. Saya tak mau mengira-ngira, apakah cuaca yang ada di Semeru.” ujarnya, seperti dilansir beritajatim.com, Selasa (4/10).

Berkaitan dengan hal itu, Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Hendro membenarkan peristiwa yang terjadi. Ia menduga korban mengalami sakit dan tidak kuat saat mendaki Semeru. “Laporan dari petugas dilapangan demikian.” tegasnya.

TINGGALKAN BALASAN