Facebook Resmikan Messengger Lite untuk Android

Jakarta, Semarak.news – Facebook kembali menghadirkan versi ringan dari aplikasi besutannya. Setelah menghadirkan Facebook Lite, kali ini perusahaan tersebut merilis Messenger Lite yang merupakan Facebook Messenger versi sederhana untuk kelas “low-end”

Aplikasi tersebut sejatinya memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dari Facebook Messenger. Hanya saja, ada beberapa fitur berat yang dihilangkan.

Kendati aplikasi ini adalah versi sederhana dari Messenger, Facebook tetap menyertakan fitur-fitur inti. Mengutip informasi dari laman The Verge, Selasa (4/10/2016), pengguna Messenger Lite dapat berkirim pesan teks, foto, tautan, dan juga stiker.

Sesuai dengan embel-embel Lite pada namanya, file aplikasi ini tidak memakan banyak ruang memori. Facebook memangkas banyak fitur, sehingga ukuran file Messenger Lite bisa di bawah 10 MB, jauh lebih kecil dibandingkan aplikasi Messenger original yang mencapai 40 MB.

Informasi yang dilansir dari Newsroom Facebook, Selasa (3/10/2016) menyebutkan bahwa aplikasi Messenger Lite sudah dirilis untuk pengguna di Kenya, Tunisa, Malaysia, Sri Lanka, dan Venezuela.

Rencananya, aplikasi ini juga akan dirilis di negara-negara lain dalam beberapa bulan ke depan. Belum diketahui apakah Indonesia juga termasuk dalam daftar perilisan. Namun mengingat Facebook Lite hadir untuk pengguna Tanah Air, besar kemungkinan aplikasi Messenger Lite juga akan tersedia di Indonesia.

Messenger merupakan aplikasi chatting dari Facebook. Pertengahan tahun ini, tepatnya Juli 2016, Facebook mengumumkan aplikasi ini telah membukukan lebih dari 1 miliar pengguna aktif.

Facebook juga kerap menambah fitur baru untuk aplikasinya tersebut. Setelah memungkinkan pengguna memakai Messenger tanpa harus memiliki akun Facebook, kini percakapan di aplikasi itu dapat lebih aman dengan keberadaan fitur Secret Conversation.

(MSF)

TINGGALKAN BALASAN