Ngobrol Santai Industri Kreatif Bareng Wakil Dubes AS di SUB Co.

Industri Kreatif
Wakil Dubes AS sedang berbincang dengan Pemilik SUB Co. dan Colors FnE [Sumber: Arsip Semarak News]

Surabaya, Semarak.news – Dalam rangkaian kunjungannya di Jawa Timur, Wakil Dubes AS di Indonesia, Brian McFeeters, yang turut didampinig Jed Tominson dan Heather Variava dari Konjen Amerika di Surabaya, Senin kemarin (03/10/2016) menyempatkan diri untuk singgah di SUB Co. Co-Working Space yang terletak di Jalan Darmo Harapan 1 Surabaya. Kunjungan yang dikemas dalam sebuah acara bertajuk #SUBTalk “Youth’s Future Development in Creative Economy”, terbukti mampu menarik sekitar 50 starter entrepreneur (pengusaha pemula) industri kreatif dari seluruh Surabaya untuk bergabung dalam forum yang diadakan sebagai kerjasama Kedubes Amerika, SUB Co., dan Colors FnE.

“Indonesia sudah menjadi salah satu negara yang kuat. Perlu kita tingkatkan kerjasama antar orang Indonesia dengan orang Amerika,” ujar Brian ketika menyampaikan opening speech dalam acara tersebut.

Dalam pemaparannya, Brian menjelaskan bagaimana peluang ekonomi yang dimiliki Indonesia di sektor industri kreatif. Dirinya yakin dengan kecerdasan anak muda Indonesia, maka bangsa ini dapat menjadi sama dengan negara maju lainnya.

Pemaparan tersebut direspon positif oleh peserta dengan berbagai statement dan pertanyaan. Salah satu pertanyaan tersebut menyangkut dukungan investor asing, terutama dari Amerika, terhadap pertumbuhan industri kreatif di Indonesia.

“US punya banyak program bantuan di Indonesia untuk kembangkan industri kreatif, salah satunya Education USA yang ada di Universitas Airlangga. Bahkan saat ini ada sekitar 2800 mahasiswa Indonesia di Amerika, dan target kita jumlah itu akan kita double bahkan triple,” ungkap Brian secara menjanjikan.

Fitri, salah satu peserta forum tersebut, turut menambahkan bahwa bukan hanya kecerdasan dan skill yang diperlukan para entrepreneur muda di Indonesia, melainkan juga sebuah pola pikir yang bagus.

“Waktu Jokowi datang ke Silicon Valley, Jokowi bertemu orang Indonesia yang kerja di sana. Nanti bisa mereka untuk bantu beri motivasi dan skill pada starter entrepreneur di Indonesia, khususnya Surabaya,” ujar Brian dalam closing statementnya.

Brian juga menambahkan bahwa dirinya yakin masyarakat Indonesia sama dengan masyarakat Asia Tenggara lainnya, sehingga dia sangat optimis dengan perkembangan industri kreatif di Indonesia. (MI)

TINGGALKAN BALASAN