Penuhi Syarat Calon dan Pencalonan, Pastikan Paslon Lolos Pilwakot Kota Kupang 2017

Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Kupang

Kupang, Semarak.News – KPU Kota Kupang akan mengumumkan penetapan calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Kupang berdasarkan hasil penilaian dari syarat calon dan syarat pencalonan yang telah diserahkan dan dipenuhi oleh masing-masing bakal calon sesuai dengan Peraturan KPU No. 9 Tahun 2016.

Sebelumnya, KPU telah mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan pasangan calon pada Sabtu (1/10). Dani Ratu, Juru Bicara KPU Kota Kupang saat ditemui di Kantor KPU Kota Kupang menjelaskan bahwa hasil tes pemeriksaan kesehatan menyatakan ke empat bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota telah lolos uji kesehatan.

“Berdasarkan hasil tes kesehatan yang diserahkan pihak RS Umum Kupang kepada KPU, dari 8 orang yang terdiri dari 4 calon Wali Kota dan 4 calon Wakil Walikota sepenuhnya memenuhi syarat kesehatan.” Katanya, Senin (3/10/2016).

Bersamaan dengan pengumuman hasil pemeriksaan tes kesehatan, hari itu juga merupakan batas akhir penyerahan dokumen tambahan pendukung bagi calon pasangan jalur independen sesuai dengan ketentuan yang telah berlaku yakni sejumlah kekurangan yang ada.

Dani mengatakan bahwa dari kedua pasangan calon jalur independen yakni Paket Adil dan Viktori, keduanya tidak menyerahkan dukungan tambahan berupa identitas pendukung baik KTP, KK, atau surat keterangan dari Dispendukcapil sebagaimana persyaratan pencalonan yang di atur dalam Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2016.

Perlu diketahui bahwa untuk bisa mencalonkan diri menjadi Calon Walikota dan Wakil Walikota pada pemilihan mendatang, maka masing-masing bakal calon wajib memenuhi persyaratan baik syarat calon maupun syarat pencalonan. Meskipun syarat calon memenuhi, namun syarat pencalonan tidak memenuhi, maka dapat dipastikan calon tersebut tidak dapat maju pada Pemilihan Walikota danWakil Walikota Kota Kupang 2017. (HDS)

TINGGALKAN BALASAN