5 Manfaat Mendaki Gunung yang Sehat bagi Tubuh Anda

[Semarak.news/Osisober]

Semarak.news – Saat ini, mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan alam bebas yang populer dan banyak digemari. Meskipun melelahkan, namun selalu ada kepuasan yang timbul setelah bertualang dalam rimba gunung. Sebagian pendaki beralasan, setelah menapakkan kaki di puncak gunung mereka dapat menyaksikan dan mensyukuri betapa indah alam semesta ini. Udara yang sejuk dan keheningan alam juga mampu mengusir penat serta jenuh hasil kesibukan dan hiruk-pikuk perkotaan.

Selain menjadi hobi, ternyata mendaki gunung merupakan salah satu olahraga yang menyehatkan bagi tubuh. Berikut manfaat mendaki yang membuat Anda lebih sehat.

1. Meningkatkan kekuatan paru-paru

Seperti saat Anda berlari, ketika berada dalam sebuah perjalanan pendakian nafas Anda akan ‘ngos-ngosan’ karena medan yang terus menanjak. Namun itu sangat bermanfaat, darah yang mengalir keluar dan masuk paru-paru akan berjalan lancar.

2. Meningkatkan kekuatan jantung

Mengapa bisa demikian? Karena dengan berjalan menyusuri medan hutan pegunungan yang naik turun akan berpengaruh pada kinerja organ jantung Anda. Hal itu menyebabkan jantung akan bertambah kuat. Sehingga Anda dapat terhindar dari resiko serangan jantung dan penyakit stroke.

3. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang kurang percaya diri karena berat badan berlebih, mendaki gunung dapat menjadi solusi tepat. Dengan berjalan jauh sambil melihat pemandangan indah, tidak terasa tubuh Anda akan berkeringat dan banyak kalori yang akan terbakar. Jika dilakukan secara rutin, maka perubahan berat badan yang Anda idam-idamkan akan cepat terjadi.

4. Memperkuat otot kaki

Bagi Anda yang gemar mendaki, sudah pasti banyak macam medan yang Anda lalui. Berkerikil, berbatu dan berpasir menjadi tantangan yang berat selain tingkat kemiringan yang ekstrem. Hal itu akan membuat otot kaki Anda menjadi semakin kuat dan terbentuk.

5. Meredam stres

Selain sehat untuk kesehatan fisik, mendaki gunung juga sangat bagus untuk kesehatan mental. Hamparan pemandangan hijau yang jarang Anda saksikan bisa membuat pikiran terbebas dari segala beban aktivitas sehari-hari. Agendakan pendakian Anda secara rutin, maka kepuasan jiwa akan Anda rasakan!

TINGGALKAN BALASAN