Bantu Irak Rebut Mosul dari ISIS, AS Kerahkan 600 Prajurit.

Presiden Obama, Wapres Joe Biden, dan Dubes AS untuk PBB, Samantha Power bertemu dengan PM Irak Haider Al-Abadi [Reuters]

Baghdad, Semarak.news – AS akan menambahkan bantuan militer untuk mendukung kampanye militer Irak merebut Kota Mosul yang dikuasai oleh militan ISIS. Selain menambah frekuensi serangan udara dan perlengkapan bagi tentara Irak, AS juga rencananya akan mengirimkan sekitar 600 prajurit tambahan.

Seperti dikutip dari Al-jazeera, Sekertaris Pertahanan AS, Ashton Carter mengumumkan bahwa AS akan mengerahkan lebih banyak pasukan ke Irak sebagai penasihat militer, dukungan logistik, dan mengumpulkan data intelijen bagi tentara Irak dalam operasi merebut kembali Kota Mosul yang dikuasai ISIS.

PM Irak, Haider Al-Abadi menyatakan “Presiden Barrack Obama mengonsultasikan permintaan Pemerintah Irak terkait penambahan jumlah penasihat militer dan instruktur, dibawah payung koalisi internasional di Irak”.

Setidaknya, ada sekitar 4.400 prajurit AS di Irak yang tergabung dalam koalisi udara yang diimpin AS.

Diprediksikan, pertempuran memperebutkan Kota Mosul merupakan pertempuran terbesar antara ISIS dan Pemerintah Irak yang dibantu milisi Syiah. (Wah).

TINGGALKAN BALASAN