Pecat Karyawannya, Novotel Didemo

Aksi Unjuk Rasa Karyawan ter-PHK di Depan Hotel Novotel (Semarak.News)

Semarang, Semarak.news – Semarang lagi-lagi diramaikan dengan aksi unjuk rasa. Seperti pada hari ini para karyawan hotel Novotel yang di PHK melakukan aksi unjuk rasa di depan hotel. Aksi ini menuntut agar karyawan yang di PHK dapat kembali bekerja dan mendapatkan gaji sesuai dengan UMK Semarang serta jam kerja para karyawan sesuai dengan UU Tenaga Kerja, lebih dari itu dihitung lembur. Dalam aksi tersebut digelar teatrikal dengan menggunakan keranda dan mengucapkan “Laillahaillallah” di depan hotel.

Karena mengganggu kenyamanan pengunjung, massa diminta agar berpindah tempat ke depan Gedung BPJS Semarang. Namun, masa menolak karena massa melakukan aksi bukan kepada BPJS melainkan kepada pihak Novotel. Sehingga pihak keamanan mengerahkan dua ekor anjing untuk mengamankannya.

Sebelumnya terdapat 20-25 karyawan yang di PHK, namun hanya beberapa yang telah ditarik kembali menjadi karyawan. Sebenarnya mereka mendapatkan pesangon, tetapi yang diharapkan adalah kembali bekerja untuk menghidupi keluarga.

Seperti yang dikatakan Sukartika Nugraha, pimpinan aksi “sudah hampir 5 bulan kami di PHK, memang mendapatkan pesangon tapi bukan itu yang kami mau”.

Dalam menyelesaikan persoalan PHK ini, sudah pernah dilakukan mediasi antara karyawan yang di PHK dengan pihak hotel. Namun, mediasi yang telah dilakukan sebanyak tiga kali ini belum ada jawaban. Sehingga, membuat para karyawan yang di PHK ini melakukan aksi.(RLR)

TINGGALKAN BALASAN