Anak Bangsa Ciptakan Mobil Super, ‘Lowo Ireng’

Sumber : Super Cars

Surabaya, semarak.news – Indonesia memiliki generasi penerus yang begitu kreatif dan menjadi kebanggaan untuk semuanya. Kali ini anak bangsa kembali menciptakan karya yang sangat membanggakan. Mahasiswa ITS membuat sebuah mobil super yang berkonsepkan seperti mobil yang dipakai dalam film batman. Mobil ini tidak kalah dengan mobil buatan pabrik terkenal, bahkan lebih unggul.

Lowo Ireng, nama yang disematkan untuk super car yang baru saja diciptakan oleh anak bangsa ini. Lowo yang berasal dari bahasa Jawa berarti Kalelawar, merupakan gambaran para pembuat super car ini yang menyelesaikan pembuatan ini pada malam hari, seperti halnya kalelawar yang mencari makan pada malam hari. Ireng yang berarti hitam identik seperti mobil yang dikenakan batman, berwarna hitam dan mirip kalelawar.

Sangat membanggakan, mobil super ini murni buatan tangan anak Indonesia. Bahkan, hampir semua (90%) bahan dan alat-alat yang digunakan adalah asli buatan lokal. Komponen yang masih menggunakan produk luar hanya mesin Mitsubishi 6A13 Twin Turbo berdaya 1300 HP dan torsi 400 Nm buatan Jepang. Akan tetapi ECU Iqueteche adalah hasil penilitian alumni ITS.

Ternyata, kekuatan mesin Lowo Ireng ini mengalahkan hyoercar Bugatti Veyron Grand Sport yang hanya berkekuatan 1.200 Tk dan torsi 1.500 Nm.

Dalam proses pembuatan Lowo Ireng sama seperti pembuatan mobil pada umumnya. Diawali dengan membuat konsep dan desain mobil. Selanjutnya membuat chassis dan body mobil. Setelah melakukan hal tersebut kemudian me- manufacturing part-part mobil seperti engine dan ECU. Proses akhir yaitu menyatukan seluruh bagian-bagian sehingga menjadi sebuah mobil super, Lowo Ireng.

Menurut laman resmi MolinaliTS, tim pembuat mobil ini terdiri dari mahasiswa, dosen, dan tenaga ahli. Terdapat beberapa kendala yaitu proses pembuatan yang cukup lama, onderdil yang sulit dicari, dan biaya pembuatan yang cukup tinggi. Namun hal itu tidak menjadi hambatan bagi tim tersebut, akan tetapi menjadi tantangan untuk dapat menyelesaikan pembuatan mobil super ini.

Semoga hasil karya anak bangsa ini dihargai pemerintah dan dapat bersaing di dunia Internasional. Lowo Ireng diharpkan menjadi motivasi bagi anak negeri, bahwa anak-anak bangsa mampu menciptakan temua-temuan baru yang dapat berkompetisi di pasar global apabila diberikan faslitias dan dukungan yang cukup. (MM)

TINGGALKAN BALASAN