Salah Sasaran, Serangan Udara AS Tewaskan 62 Prajurit Suriah

Serangan udara AS tewaskan 62 prajurit Suriah [Sumber: philnews.ph]

Deir-Ez-Zor, Semarak.News – Serangan udara pasukan koalisi yang dipimpin oleh AS menyasar pasukan pemerintah Suriah dan menewaskan setidaknya 62 prajurit, sementara 120 orang lainnya terluka. Akibat serangan tersebut, Dewan Keamanan PBB segera menggelar rapat darurat terbatas (17/9/2016).

Seperti dikutip dari CNN, Duta Besar AS untuk PBB, Samantha Power bersikeras bahwa serangan tersebut tidak disengaja. “Serangan udara tersebut menarget posisi militan ISIS di Deir-Ez-Zor”, jelasnya.

“Kejadian tersebut sangat tidak diinginkan dan Washington amat menyesali jatuhnya korban kejadian tersebut” tambahnya.

Bahkan, Power malah balik menyalahkan Suriah karena secara sengaja menarget masyarakat sipil sejak 2011 dan balik menentang Rusia.

Sementara itu, Duta Besar Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin mempertanyakan serangan udara tersebut, karena dilaksanakan dua hari sebelum rencana serangan terkoordinasi antara AS-Rusia.

Kemudian, Churkin juga mengutarakan kekecewaannya terhadap Dubes AS untuk PBB, Samantha Power dan Pemerintah AS.

Bahkan, Churkin memilih “walk out” dari ruang sidang.

Syrian Observatory for Human Rights menyatakan 83 prajurit gugur dan sekitar 120 orang lainnya mengalami luka.

Analis menyatakan kejadian tersebut memiliki dampak buruk bagi perjanjian gencatan senjata yang berlangsung hampir seminggu. Bahkan media Suriah dan Rusia mengatakan bahwa serangan tersebut semakin memperjelas dukungan AS untuk ISIS.

Sebelumnya, serangan udara koalisi AS juga sempat menarget pasukan rezim Suriah pasca serangan pasukan Suriah terhadap wilayah yang dikuasai Kurdi. (DWS)

TINGGALKAN BALASAN