Pengemudi Harus Perhatikan Fungsi Fitur Defogger di Kaca Mobil

[Sumber : autoportal.com]

Masih bingung dengan fungsi garis-garis pada kaca mobil ? garis-garis itu merupakan defogger atau kata lain untuk penghilang embun pada saat kondisi hujan. Pada umumnya defogger selalu dipasang pada kaca bagian belakang mobil.

Setiap pengemudi mobil pasti pernah merasa terganggu pandangannya dengan keberadaan embun dikaca mobil saat berkendara tanpa menggunakan AC dimalam hari maupun cuaca hujan. Meskipun mobil saat ini sudah dilengkapi dengan fitur defogger, namun tidak sedikit yang masih bingung dan tidak mengetahui fungsinya. Defogger sendiri merupakan salah satu fitur umum di mobil yang disematkan pada mobil dengan air conditioner (AC) dan memiliki gambar tombol ikon yang terbilang cukup unik.

gambar tombol defogger pada mobil [Sumber : yourmechanic.com]
gambar tombol defogger pada mobil [Sumber : yourmechanic.com]
Keberadaan defogger dimobil memiliki perananan penting untuk menghilangkan kondensasi berupa embun pada kaca yang sering terjadi di kaca depan dan belakang saat terjadi perbedaan suhu antara di luar dan di dalam kabin. Fitur ini sangat berguna bagi pengemudi pada saat mengendarai mobil di saat curah hujan masih cukup tinggi yang memicu terjadinya pengembunan pada kaca, sehingga visual penglihatan pengemudi akan berkurang.

Untuk defogger bagian kaca depan, cara kerjanya yaitu  bekerja dengan menghembuskan udara dari ventilasi di bagian dashbor menggunakan kipas. Sehingga saat tombol defogger di aktifkan, akan langsung disingkronkan dengan pengaturan suhu AC. Sedangkan cara kerja defogger pada kaca belakang adalah dengan memanaskan kaca melalui elemen panas berbentuk garis-garis pada kaca belakang yang dihembuskan ke kaca untuk menghilangkan embun yanga ada pada kaca mobil.

Dengan adanya fitur defogger ini, maka pengemudi tidak perlu keluar dari mobil dan membersihkan embun secara manual. Untuk penggunaan fitur ini sendiri, pengemudi tidak diharuskan menyalakan defogger setiap saat, tetapi cukup ketika kaca mobil mengalami pengembunan. (MAR)

TINGGALKAN BALASAN