JSKK, Kontras dan LBH Masyarakat Gelar Aksi Kamisan ke-454

Aksi Kamisan ke-454 yang digelar di depan Istana Negara

Jakarta, Semarak.news – Puluhan orang yang tergabung dalam Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan (JSKK), Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), serta LBH Masyarakat  melakukan aksi Kamisan ke-454 di depan Istana Negara, Kamis (11/8). Aksi ini dilakukan dalam rangka menagih janji Presiden Jokowi untuk menuntaskan kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.

Dalam aksinya, massa menuntut Jaksa Agung untuk menindak lanjuti berkas penyidikan Komnas HAM ke tingkat penyidikan atas kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia seperti kasus Trisakti-Semanggi I-II, kerusuhan Mei 98, penghilangan orang secara paksa, talangsari, penembakan Misterius, 1965/1966, Wasior-Wamenna, dan  menindaklanjuti Tim Pencarian Fakta Munir dengan membuka hasil rekomendasinya.

Massa berharap pemerintah untuk mendorong terbentuknya pengadilan HAM ad Hoc dan pengadilan HAM dengan hakim dan jaksa yang berintegritas serta meminta Komnas HAM melakukan penyelidikan terhadap kasus-kasus kekerasan yang terjadi di Papua, Aceh, dan daerah lainnya.

Aksi ini sempat diwarnai ketegangan antara massa dengan pihak aparat kepolisian tetapi kemudian mereda dan berjalan secara damai. (BIP)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN