Google Resmi Menghapus Nama Palestina Dari Google Maps

[Sumber: www.google.com/maps]

Jakarta, Semarak.news – Mesin pencari terbesar saat ini Google resmi menghapus nama Palestina dari Google Maps. Sehingga kebijakan ini menuai banyak kritikan dari berbagai pihak. Dan menjadi perbincangan hangat saat ini di berbagai media dan forum disksusi. Salah satunya adalah Forum Jurnalis Palestina. Forum Jurnalis Palestina melayangkan kritikan tajam kepada Google.  Setelah keputusan Google menghapus nama Palestina dari Google Maps. Apabila anda mengetik Palestina pada bagian search Google Maps, maka anda tidak akan menemukannya. Melainkan anda akan diarahkan pada Israel sebagai penggantinya.  Penghapusan nama Palestina ini dilakukan sejak 25 Juli 2016 lalu.

Seperti dikutip dari Middleeastmonitor, dalam pernyataan yang dirilis oleh Forum Jurnalis Palestina tersebut. Mereka menuding keputusan Google yang menghapus nama Palestina dari Google Maps merupakan bagian dari taktik dan skema Israel untuk membuat legitimasi negara zionis tersebut.

“Ini merupakan skema untuk membumikan nama Israel sebagai nama yang sah. Untuk generasi mendatang dan menghapus nama Palestina untuk selamanya” tulis Forum Jurnalis Palestina.

Forum ini bahkan menilai tindakan penghapusan nama Palestina dari Google Maps itu dirancang untuk memutarbalikkan sejarah, geogragi dan memalsukan hak rakyat Palestina.

“Langkah ini juga disesain untuk mengubah sejarah, letak geografis dan juga hak rakyat Palestina atas tanah kelahirannya. Ini adalah upaya gagal untuk mengubah ingatan dari rakyat Palestina, Arab, dan Dunia”, tulis pernyataan forum jurnalis tersebut.

Forum Jurnalis Palestina menganggap bahwa sikap Google ini bertentangan dengan norma serta konvensi internasional. Oleh karena itu mereka mendesak agar perusahaan searc engine tersebut mencabut keputusan mereka. Dan mengembalikan Palestina yang telahh mereka ganti dengan nama Israel.

Sementara itu di change.org telah ada yang menuliskan petisi online dan telah ditandatangani lebih dari 48.000 orang sejak dirilis. Berikut isi lengkap petisi tersebut dalam Bahasa Inggris:

The country of Palestine does not appear on Google maps. Why not? Israel, established on Palestinian land, is clearly designated. But there is no mention of Palestine. According to Google, Palestine does not exist.

The omission of Palestine is a grievous insult to the people of Palestine and undermines the efforts of the millions of people who are involved in the campaign to secure Palestinian independence and freedom from Israeli occupation and oppression.

This is an important issue, as Google Maps are now regarded as definitive by people around the world, including journalists, students and others carrying out research into the Israel-Palestine situation.
Whether intentionally or otherwise, Google is making itself complicit in the Israeli government’s ethnic cleansing of Palestine.

Please join us in calling on Google to recognize Palestine in Google Maps, and to clearly designate and identify the Palestinian territories illegally occupied by Israel. Please remember to share this petition with your social media contacts.

Bagi anda yang ingin menandatangani untuk mendukung petisi ini, kunjungi Websitenya sebagai Berikut; https://www.change.org/p/google-inc-google-put-palestine-on-your-maps #FreePalestine

Semetara hingga saat ini pihak Google belum ada memberikan tanggapan atau pernyataan terkait tindakan penghapusan nama palestina dari Google Maps. (TH)

TINGGALKAN BALASAN