Teroris di Dhaka Bunuh Sandera yang Tidak Bisa Baca Al Quran

Pasukan Tentara AD Banglades Mengamankan Situasi di Sekitar Restoran The Holey Artisan Bakery [Sumber : www.yahoo.com]

Dhaka, Semarak.news – Sekelompok pemuda masuk ke restoran the Holey Artisan Bakery, di wilayah Gulshan, Dhaka, Banglades dan menyandera seluruh pengunjung yang sedang menikmati malam di tempat tersebut.

Penyanderaan oleh sekelompok pemuda tersebut berlangsung selama sekitar 10 jam. Dalam insiden tersebut ditemukan 28 orang tewas, yang semuanya adalah warga negara dari luar Banglades.
Salah seorang warga Banglades yang merupakan saksi peristiwa tersebut mengatakan bahwa nasib para sandera bergantung pada pembuktian diri sebagai muslim dengan cara membaca Al Quran.

“Para pria bersenjata menanyakan siapa saja yang bisa membaca Al-Quran,” ucap Rezaul Karim, seorang pengusaha Bangladesh yang berhasil selamat dari insiden tersebut. “Mereka yang bisa membaca Quran dipisahkan. Mereka bahkan diberi makan. Lainnya disiksa.”

Enam pelaku penyerangan di restoran the Holey Artisan Bakery tewas dalam baku tembak dengan pihak keamanan Banglades pada saat melakukan upaya penyelamatan sementara salah satu pelaku berhasil ditangkap hidup-hidup.

Perdana Menteri Banglades, Sheik Hasina Wajed, dalam siaran televisi setempat menyarankan kepada warganya agar tetap percaya kepada pemerintah. Menanggapi insiden tersebut dia menyatakan hari berkabung nasional selama dua hari ke depan.

“Kami tak menghendaki teroris hidup di Banglades. Saya tak mengerti apa yang mereka yakini, Muslim macam apa sebenernya mereka ini?” ungkap Hasina.

Peristiwa tersebut menewaskan korban jiwa dari beberapa negara seperti Italia, Amerika Serikat, Jepang, dan India.

Kementerian Dalam Negeri AS menyatakan akan mendukung penuh Perdana Menteri Hasina dalam memberantas ekstrimisme di Banglades

Sementara untuk menanggapi insiden tersebut, Shinzo Abe, Perdana Menteri Hasina, membentuk tim kerja yang dikirim ke Banglades dalam rangka mendukung langkah investigasi. (TM)

TINGGALKAN BALASAN