Masjid di Myanmar Dibakar oleh Kelompok Bersenjata

Sebuah Masjid di Desa Hpakant, Kachin, Myanmar Dibakar Oleh Sekelompok Orang Bersenjata. [Sumber : liputan6.com]

Yangon, Semarak.news – Sekelompok orang bersenjata menyerang masjid di wilayah utara Myanmar. Serangan ini merupakan kali kedua dalam seminggu terakhir.

Pada hari Jumat (1/7), warga desa di Hpakant, di negara bagian Kachin, menerobos sebuah masjid dengan menggunakan  berbagai senjata seperti tongkat dan pisau. Bahkan, massa melanjutkan aksinya dengan membakar masjid tersebut.

Salah satu kabar harian di Myanmar, Global New Light of Myanmar, mengungkapkan bahwa massa tersebut sangat tidak terkendali dan mereka menghancurkan bangunan masjid tersebut. Harian pemerintah tersebut juga menyatakan bahwa akar dari masalah kerusuhan yang terjadi adalah perselisihan soal pembangunan masjid di kota tersebut. Hingga saat ini, pihak Kepolisian Myanmar belum menahan satupun tersangka.

Dashi Naw Lawn, salah seorang aktivis LSM dari Yayasan Jaringan Pembangunan Kachin, mengatakan pihak keamanan sudah dikerahkan untuk mengendalikan kerusuhan tersebut.

“Kepolisian sekarang sudah menguasai keadaan dan kondisi kota itu sudah kembali stabil,” kata Dashi Naw Lawn.

Kejadian ini terjadi hanya selang delapan hari setelah massa menyerang masjid di Bago, wilayah tengah Myanmar hingga mengakibatkan warga Muslim di daerah tersebut harus mengungsi ke kota tetangga.

Situasi serupa sebelumnya juga pernah terjadi di negara bagian Rakhine, yang pernah dilanda kekerasan sektarian pada tahun 2012 sehingga menyebabkan warga dengan agama yang berbeda harus dipisahkan oleh garis perbatasan.

Aung San Suu Kyi, pejuang demokrasi Myanmar yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan sektarian ini justru menuai kontroversi dari berbagai pihak karena belum mengambil langkah apapun untuk menghentikan kekerasan terhadap etnis Rohingya. (TM)

TINGGALKAN BALASAN