Mengelola THR Agar Tidak Habis Secara Cuma-cuma

[Sumber : kreativa.co.id]

Jakarta-Semarak.news – Sebentar lagi Ramadan akan berakhir. Saat umat Muslim akan merayakan Idul fitri yang akan jatuh pada awal Juli nanti. Bagi umat Muslim yang berstatus sebagai pekerja akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Yang biasanya dua minggu sebelum lebaran hingga menjelang lebaran tiba. Agar tidak habis begitu saja secara cuma-cuma. Tentu Anda harus bisa mengelola THR yang akan Anda terima sebaik mungkin.

Sebelumnya THR telah diatur dalam aturan terbaru dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan. Permenaker-No. 6/2016 tentang Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan yang diterbitkan pada 8 Maret 2016.

Peraturan ini mewajibkan para pengusaha untuk memberikan THR Keagamaan. Dengan masa kerja selama  12 (dua belas) bulan secara terus menerus atau lebih dan diberikan 1 (satu) bulan upah. Sementara, bagi yang memiliki masa kerja 1 (satu) bulan secara terus menerus dan kurang dari 12 (dua belas) bulan, diberikan secara proporsional sesuai masa kerja.

Oleh karena itu banyak para pekerja yang akan mendapatkan THR pada saat lebaran nanti. tinggal bagaimana setiap orang itu mengelolalanya untuk sesuatu yang bermanfaat. Berikut adalah beberapa cara untuk mengelola THR anda agar tidak habis begitu saja secara cuma-cuma.

  1. Buat Rencana Pengeluaran anda

Gunakan THR denga bijak dan buat rencana pengeluaran selama liburan. Sebaiknya uang THR jangan dihabiskan seluruhnya. Kalau bisa sisakan sebagian, mau untuk tabungan, investasi atau apapun. Walaupun saat ini harga-harga sudah naik gara-gara kenaikan harga BBM. Caranya mudah, mulai buat anggaran pengeluaran terlebih dahulu, seperti membuat form anggaran pribadi.

  1. Tentukan Skala Prioritas anda

Setelah membuat rencana pengeluaran. Anda perlu memprioritaskan mana yang paling penting, agak penting hingga yang paling kurang penting. Setelah itu kurangi anggaran terhadap yang kurang penting. Anda juga harus tahu mana yang menjadi kewajiban yang harus segera dibayarkan. Dan mana yang bisa dicicil pengeluarannya. Seperti halnya membeli makanan dan minuman untuk kebutuhan sehari-hari.

  1. Bayar Hutang

Bagi anda yang memiliki hutang. Anda harus menggunakan sebagian uang THR untuk melunasi utang. Mungkin, Anda akan merasa THR lenyap begitu saja tanpa Anda membeli apa pun. Tapi, setelah Idul Fitri usai, Anda akan bisa merasakan betapa ringannya hidup tanpa utang.

  1. Buat Anggaran mudik

Jika anda ingin mudik, sebaiknya anda menyusun rencana dari jauh-jauh hari. Buatlah perkiraan kenaikan harga tiket yang biasanya melonjak. Kurangi belanja yang tidak perlu. Fokuskan pada biaya yang akan dikeluarkan untuk perjalanan. Baik itu selama mudik, di kampung, dan perjalanan pulang.

  1. Jangan Menggunakan Kartu Kredit

Saat memasuki bulan puasa hingga menjelang hari raya, memang akan banyak penawaran menarik dari berbagai produk yang menarik perhatian. Salah satunya adalah promo dengan kartu kredit. Namun, sebaiknya anda tidak tergiur untuk berbelanja produk hari raya dengan kartu kredit. Karena nantinya tentu anda akan menerima tagihan pembayaran, dan anda tetap mengeluarkan uang untuk pelunasan setiap bulannya. Bukannya tabungan anda bertambah. Yang terjadi akan berkurang karena harus membayar cicilan hutang kartu kredit.

  1. Investasi

Yang terakhir anda dapat menggunakan dana THR untuk berinvestasi. Jika Anda sanggup untuk menyisihkan di awal. Maka ada baiknya untuk mentargetkan setidaknya 10% dari penghasilan THR untuk berinvestasi. Namun, jika masih ada prioritas kebutuhan lain yang lebih penting seperti zakat dan THR untuk para pekerja. Maka usahakan agar dana THR ada sisa untuk investasi. Jenis investasi yang dipilih sebaiknya adalah untuk jangka panjang. Guna membangun dana pensiun Anda.

(TH)

TINGGALKAN BALASAN