Tampilan Angkot Di Masa Depan Tanpa Pengemudi

Angkot Masa Depan Tanpa Pengemudi [Sumber: www.bizdailies.com]

Arizona, Semarak.news – Sebuah minibus otonom yang dapat melaju tanpa dikendalikan oleh sopir diperkenalkan di Washington, Amerika Serikat. Minibus itu merupakan produksi perusahaan yang berbasis di Arizona, Local Motors. Hebatnya lagi, bagian-bagian dari minibus bernama Olli itu dibuat dengan printer tiga dimensi.

Proses pembuatan menggunakan printer 3D memakan waktu 10 jam. Itu belum termasuk merakit minibus tersebut menjadi satu kesatuan kendaraan utuh. Untuk memproduksi dan mengoperasikan Olli, Local Motors juga menggandeng anak usaha IBM, Watson.

Olli mampu menampung 12 orang. Mobil ini bisa dipesan layaknya taksi online melalui aplikasi smartphone.

Rencananya, Olli akan diuji coba di National Harbor, Maryland, selama beberapa bulan. Setelah itu pengujian juga akan dilakukan di Las Vegas dan Miami.

Kendaraan umum lazimnya berjalan dengan kendali sopir. Namun, perusahaan bernama Local Motors berinovasi dengan menciptakan Olli, minibus elektrik yang sanggup berjalan tanpa pengemudi.

Dilansir Motor1, Olli didesain sebagai angkutan perkotaan (angkot) dengan kapasitas hingga 12 penumpang. Mobil listrik ini berjalan secara otomatis sesuai rute yang telah di set.

Olli dilengkapi dengan teknologi Light Detection and Ranging (LIDAR) yaitu sistem yang meliputi kamera dan sensor untuk memindai jalan ketika berjalan sendiri. Adapun kendaraan umum tersebut telah dioperasikan di Maryland, Amerika Serikat.

Sistem kognitif Olli diatur melalui Watson, ‘otak’ hasil rancangan IBM. Sistem operasi ini mampu berinteraksi dengan penumpang. Sebagai contoh, Olli secara pintar bisa memberi rekomendasi restoran yang ditanyakan penumpang sesuai tujuannya.

Olli dalam waktu dekat mulai beroperasi di Las Vegas sebanyak satu unit, dua unit di Florida, dan empat lainnya di Denmark.

Local Motors tetap meminta pengawasan manusia saat Olli beroperasi mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Perusahaan tidak bertanggung jawab apabila Olli beroperasi apabila tanpa pengawasan.

Menyoal tenaga, minibus dengan bobot 1.496 kg ini didukung motor elektrik dengan output 40 Tk dan torsi 125 Nm. Kemampuan mesin sanggup menghasilkan kecepatan maksimum 20 km/jam, dengan baterai berdaya jelajah hingga 50 kilometer.

Dengan penggunaan sistem fielding, Local Motors bisa menyediakan segala kebutuhan transportasi canggih bagi pemerintah mana pun.

(ASP)

 

 

TINGGALKAN BALASAN